Sanksi Jadi Lebih Longgar

Friday, January 13th at 4:25 PM

LONDON – Tepat 1 Januari 2017, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mengeluarkan peraturan baru mengenai akumulasi kartu. Sebelumnya, para pemain yang mendapat lima kartu kuning akan mendapat larangan bermain satu pertandingan. Di paruh kedua musim ini FA menetapkan setiap pemain baru dikenakan sanksi larangan bermain jika mendapat 10 kartu kuning.

Tentu saja itu membuat para pemain bisa bernapas lega karena mereka berpeluang besar tidak akan melewatkan pertandingan besar. Pemain yang belum tahun baru sudah mendapatkan empat kartu kuning dan tersisa satu kesempatan lagi. Kini mereka memiliki enam kesempatan lagi sebelum mendapat larangan bertanding.

Biasanya pemain juga mendapatkan kartu kuning dari hal-hal konyol yang seharusnya tidak mereka lakukan. Seperti membuang-buang waktu, menendang bola jauh dari lapangan, atau melepas kostum saat mencetak gol. Itu sebenarnya hal yang sangat mengganggu pelatih, mereka pasti khawatir untuk menurunkan pemain tersebut karena akan mendapat kartu dan di berikan sanksi larangan bermain.

Meskipun akumulasi 10 kartu kuning bisa membuat para pelatih sedikit tenang, tetap saja para pemain harus bisa membuat diri mereka terhindar dari hukuman kartu kuning. Para pelatih pastinya akan menginstruksikan para pemainnya untuk tetap tenang dan tidak terpancing emosinya.

Perubahan peraturan kartu yang lainnya adalah wasit diperbolehkan memberikan kartu merah sebelum pertandingan dimulai. Hal itu berlaku jika pada saat pemanasan atau kedua tim sedang berada di lorong untuk memasuki lapangan kedua tim terlibat insiden kekerasan. Itu memungkinkan wasit untuk mengusir pemain keluar dari lapangan.

Sebuah insiden yang paling terkenal di lorong saat kedua tim akan memasuki lapangan pertandingan terjadi pada tahun 2005 di Stadion Highbury. Kapten Arsenal FC, Patrick Viera dan pemain Manchester United FC, Roy Keane, tertangkap kamera sedang terlibat kekerasan. Namun, tidak ada sanksi yang diberikan karena peraturan belum di tetapkan.

Selain itu, ada peraturan baru lainnya di Liga Primer pada pertengahan musim ini. Peraturan itu adalah saat memulai pertandingan atau kick-off, biasanya sebelum memulai pertandingan ada dua pemain yang bersiap di tengah lapangan untuk mengoper bola. Tapi, peraturan baru ini hanya membolehkan saat pemain yang bersiap membagi bola ke rekan setimnya saat kick-off.